Workshop Inilah.com Goes To Campus "Mahasiswa Sebagai Agen Anti-Hoaks"

PERTEMUAN KE - 8

KULIAH UMUM

WORKSHOP INILAH.COM GOES TO CAMPUS "Mahasiswa Sebagai Agen Anti-Hoaks"

Ciputat Timur , 25 Oktober 2023

Pada Rabu 25 Oktober 2023 telah dilaksanakannya kuliah umum pengganti dari mata kuliah ini yaitu workshop Inilah.com Goes To Campus di UIN Jakarta. Tema kali ini yaitu "Mahasiswa Sebagai Agen Anti-Hoaks" di era digital saat ini. Acara dilaksanakan pada hari Rabu (25/10/2023) di Ruang Theater lt.2 gedung FDIKOM UIN Jakarta.

Acara yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa FDIKOM UIN Jakarta ini mendapat ilmu dari narasumber hebat seperti dari Sultan Rivandi (Host Inilah.com), Rahma Sarita (Wapermed Inilah.com), Dr. Tantan Hermansyah (Ketua Jurusan KPI), pembicara Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si (Dekan FDIKOM UIN Jakarta), Fahd Pahdepie (CEO Inilah.com).

Dalam sambutannya, narasumber dari Inilah.com, menjelaskan peran penting mahasiswa untuk memeriksa dan menanggapi hoaks yang tersebar di sosial media dan platform lainnya. "Mahasiswa memiliki peran kunci dalam menyebarluaskan informasi yang benar dan memerangi penyebaran hoaks", ujarnya.

Seminar yang bertajuk "Mahasiswa Sebagai Agen Anti-Hoaks" ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pentingnya literasi digital, tetapi juga menjadi ajang kolaborasi antara industri media dan akademia. Acara ini menawarkan berbagai perspektif tentang bagaimana menjadi agen informasi yang kredibel di era digital. 

Fahd Pahdepie menekankan bahwa di tengah banjir informasi dan hoaks, mahasiswa memiliki peran strategis sebagai agen anti-hoaks. 

"Kita butuh lebih banyak suara-suara yang bisa menyeimbangkan narasi. Mahasiswa mempunyai kapabilitas untuk menjadi agen perubahan yang bisa memberikan dampak positif dalam memerangi hoaks," ujar Fahd.

Sementara itu, Rahma Sarita menyampaikan pentingnya keberimbangan informasi dan verifikasi berita. "Media bertanggung jawab untuk mengedukasi publik tentang cara memilah dan memilih informasi yang kredibel. Namun, peran tersebut juga harus didukung oleh masyarakat, termasuk mahasiswa," imbuh Rahma.

Dalam acara ini, Sultan Rivandi, selaku Host Inilah.com, membawakan sesi interaktif yang melibatkan partisipasi aktif dari para mahasiswa. "Ini adalah peluang besar bagi mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan para praktisi media," kata Sultan.

Dengan kolaborasi ini, Inilah.com berharap untuk memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas jurnalisme dan literasi digital di Indonesia, sejalan dengan misi FIDKOM UIN Jakarta untuk mencetak generasi yang berintegritas dan kompeten di bidang komunikasi.

Pendapat saya mengenai acara ini sangatlah penting, dimana mahasiswa sebagai orang yang paham akan dunia saat ini dan teknologi digital seharusnya lebih mengerti dalam menanggapi berita atau informasi yang beredar di media sosial ataupun platform daring lainnya. Sesuai dengan temanya juga mahasiswa harus kritis dalam menanggapi hal ini sebagai agen anti-hoaks.

Terakhir, untuk acara ini sangatlah menarik apalagi penting bagi saya dan teman-teman terutama untuk pembelajaran kedepannya. Hal lain seperti sesuai porsinya acara yang dikhususkan kepada mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yang sehari-hari mempelajari tentang dakwah serta ilmu komunikasi yang saling terkait dengan acara tersebut.


Mubariq Alfaridzi | 11220511000120 | Jurnalistik 3C

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aqidah dan Ilmu Kalam : Kasus Ahmadiyah

Al-Razi : Sejarah dan Pemikiran Filsafatnya (Kel 6)

Ibnu Rusyd : Sejarah dan Pemikiran Filsafatnya (Kel 12)