Hub. Filsafat Islam dengan Keilmuan Islam dan Filsafat Yunani (Kel 2)

PERTEMUAN KE - 3

HUBUNGAN FILSAFAT ISLAM DENGAN 

KEILMUAN DAN FILSAFAT YUNANI


    Ciputat Timur, 20 September 2023.

   Pertemuan ke-3 dalam mata kuliah Filsafat Islam yang dihampu oleh Bapak Drs. Study Rizal LK., M.Ag. Seperti biasa, dimulai pada jam 7.30 - 9.00 WIB, kondisi seperti biasa diawali dengan pemberian pengantar dari grup WhatsApp bahwa kali ini pertemuan kembali dilaksanakan secara daring. Diskusi dimulai dengan dibagikannya makalah Filsafat Islam oleh kelompok 3 beranggotakan Jidan Nanda Lesmana, Nadia Nur Anggraini, Meiccy Putri Joinarti, dan Choirul Umam. Materi yang disampaikan berjudul "Hubungan Filsafat Islam dengan Keilmuan Islam dan Filsafat Yunani", berikut poin dari isi makalah tersebut:

- Hubungan antara Filsafat Islam dan Filsafat Yunani dalam konsep pemikiran dan konsep filsafat :

  Dalam konsep berfilsafat, Filsafat Islam mempunyai ciri khas kepribadian tersendiri, yang paling khusus artinya filsafat Islam Sinkritis dan Eklistis, yaitu memadukan antara agama serta akal, serta mendamaikan antara filsafat dan kepercayaan , hal itu diyakini sebab para cendekiawan meyakini bahwa dalam menyingkap sebuah realitas bisa ditempuh melalui berbagai cara dan untuk itu dibutuhkan akal serta bukti untuk menyingkap realitas, sebagaimana Aristoteles memakai logika untuk membuat suatu definisi.

- Interpretasi Filsafat Islam terhadap Filsafat Yunani : Melibatkan berbagai pemikiran seperti Al-Kindi (memadukan filsafat Yunani), Ibnu Sina (mengembangkan pemikiran Aristoteles dan Plato), dan Averroes (mengedepankan pentingnya logika dan filsafat).

- Hubungan Filsafat Islam dengan ilmu keislaman lainnya (Hub. Filsafat Islam dengan Ilmu Kalam,  Filsafat Islam dengan Ilmu Tasawuf, dan Filsafat Islam dengan Ilmu Fiqih) : Secara keseluruhan saling melengkapi, masing-masing punya peranan unik dalam memahami Islam dan berkembang seiring perubahan zaman dan tantangan yang dihadapi.

  Komentar dari saya untuk kelompok 2 penyajian materinya cukup baik, sumber yang jelas dalam makalahnya, tapi beberapa kesalahan yang bisa diperbaiki seperti dibagian daftar pustaka (sesuai abjad dan sub-judul), koreksi dibagian latar belakang yang terpotong paragraf ke 3, dan teknik penulisan lebih baik jika judul ukuran 14 dan semua spasi 1,5. Akhirnya, sudah dikirim hasil perbaikan makalah nya pada siang hari. Catatan dari saya, untuk kelompok selanjutnya agar lebih memperhatikan teknik penulisan dari makalah biar lebih mudah dipahami.



    Mubariq Alfaridzi (11220511000120) |  Jurnalistik 3C | UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aqidah dan Ilmu Kalam : Kasus Ahmadiyah

Al-Razi : Sejarah dan Pemikiran Filsafatnya (Kel 6)

Ibnu Rusyd : Sejarah dan Pemikiran Filsafatnya (Kel 12)